Kilas balik kisah kecemplung di dunia Online

Google Ads
Google Ads
terinspirasi oleh pertanyaan mister @riyan green di sebuah grup fb, jadi pengen nulis kilas balik diri sendiri di dunia online (setidaknya yang masih di inget :v ).


Jadi begini kisah ane kecemplung di dunia online, setidaknya dimulai jauh sebelum era adsense yak. mulai kenal internet sejak 1998 sih, tapi ya dulu cm mIRC doang kqkqkqkq... dan masih jaman netscape navigator. dulu bikin email, mIRC, dsb cm iseng kalo ga ada kerjaan di kostan ya mampir ke warnet depan kostan aja. kalo ga salah sekitar tahun 2002 apa ya? mulai ada game2x online macam Ragnarok gtgt, karena sering nongkrong di warnet ya kadang suka main, tapi bukan niat.. main hari ini, lusa lupa ID kqkqkqkqk...



sampe tahun 2007 dah ga pernah lagi ngeksis internet, tahun 2007 saya bikin warnet di rumah dulu. ya intinya sih bukan warnet, tapi dulu itu gw punya toko aksesoris PC dan jasa Service yang lumayan banyak kustomernya udah. iseng2x share internet ke 3 PC dan jadi tempat maen anak2x sekitar aja. nah, pada tahun 2007 itu juga pertama kalinya mampir ke forum game online (cheat) di http://nyit-nyit.net , karena kata orang, paling enak ya cari disana...

nyitnyit bukanlah suara burung, bukanlah nama seorang kakak kelas semasa SMA yang hobbynya nyemplung ke kolam pada saat siapapun sedang Ulang Tahun, dan bukan pula nama Curut kejepit pintu...

nyitnyit... suatu kata nyeleneh tanpa makna yang tak akan ditemukan padanan kata dan artinya dalam kamus besar bahasa Indonesia sekalipun. Namun dalam kamus Para Gamers, Cheater, Underground IT Practitioner Indonesia dan para pemburu Cheat Game Online pasti ada artinya.. yaitu  : nyit-nyit.net memiliki makna "tempat belajar menuntut ilmu yang harus kutuju"...(silahkan beli Kamusnya di Toko Material terdekat dikota Anda)
Masuk forum inilah cikal bakal rejeki saya di dunia online. memang daftar sejak 2007, tapi lebih kepada silent reader saja. Mulai dari 2008 sering aktif posting di forum, terutama terkait game SEAL ONLINE, karena emang cm game itu doang yang gw mainin serius sampe level mentok equip luber2x dan jualan equip2x :v.

Tahun 2009, saya diangkat jadi submoderator di forum N3 bagian game sealonnline lah.Banyak manfaat yang saya dapatkan dari komunitas nyit-nyit.net. Menambah wawasan, menambah relasi, menambah pengetahuan perforuman, kemampuan moderasi, kreativitas, tanggung-jawab, dan lain lain. ketika kita mengerjakan sesuatu tanpa mengharapkan pamrih, maka manfaat yang kita dapatkan justru lebih besar dari segenggam berlian dan sekoper dollar (walo kalo dikasi gw jg maw si... *lirik admin*).

Sampai Akhir 2011 lalu, saya memberanikan diri apply menjadi co-admin (red:jongos n3 dibawah tukang sapu). pilihan berat dengan tanggung jawab yang berat, dan memang sangat berat awalnya, bahkan sampai sekarang pun kadang terasa berat.. namun tetap saja seperti pepatah "ringan sama dijinjing, berat elu yang mikul"(Joke...). Tetapi sekali lagi, ketika kita melakukan sesuatu dengan ikhlas, pasti semua ada jalannya.
seiring menjadi staff di N3, saya banyak belajar tentang blogging, website building, SEO, dsb. semua mulai dari NOL, ya dari NOL.. yang bahkan html aje gw ga taw kqkqkqkqkqkq. sekira 2008 udah bikin blog sih, cm dulu ga kepikiran untuk segala macam monetizing.. hanya pure pengen curhat doang.
2011 pas naik jadi co-admin.. saya diberikan keleluasaan belajar lebih luas lagi, dipinjamkan VPS server untuk nampung domain pembelajaran *yang sampe sekarang isinya itu itu doang..kqkqkq. beruntung saya punya guru yang luar biasa, kalau yang belum taw... admin N3 itu adalah Dono (co-founder Indowebster), saya belajar banyak dari beliau, walaupun hanya berupa link sana sini untuk dibaca sendiri :)... thanks bro. belum lagi koneksi yang saya dapatkan karena posisi di N3... luar biasa. orang hebat semua...
2011 itu jg mulai menggarap adsense secara serius sampe sekarang....
Google Ads
Facebook Twitter Google+

5 comments

nyit-nyit forum yang terlupakan :D

Wadaw n3 tempat ane SR dulu :v saat seal dan pb melanda kkwkwkw

mau dong link-linknya yg buat belajar :)

 
Back To Top